News & Events

Membentuk Karakter Anak Sepanjang Masa

dilaporkan oleh Frengky

Sebuah Online Parenting Seminar (OPS) yang dilakukan di Metta School kali kedua ini sebagai perwujudan dari visi Metta School untuk pengembangan moral universal dan kepedulian terhadap warga sekolah dan masyarakat lainnya. OPS kali ini bertajuk tentang pembentukan karakter anak sepanjang masa yang disampaikan oleh Ibu Prajna Dewi, M.Pd. seorang praktisi pendidikan yang telah berpengalaman sebagai guru, kepala sekolah, Kepala Akademik Narada School Jakarta dan tidak kalah penting adalah sebagai seorang ibu dari anak-anak beliau sendiri. Ibu Dewi panggilan akrab beliau telah menjelaskan perihal bagaimana pentingnya pembentukan karakter yang dapat dilakukan oleh tiga elemen penting dalam kehidupan seorang anak yaitu orangtua/pengasuh/orang yang memberikan pendampingan, guru/sekolah dan yang ketiga adalah lingkungan tempat anak tinggal, singkatnya 3 elemen tersebut adalah keluarga, sekolah dan lingkungan.

Seminar yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 23 Oktober 2020 pada pukul 19:00 WIB hingga 20:30 WIB dihadiri oleh 112 peserta lebih yang berdomisili baik di surabaya dan kota-kota lainnya di Indonesia. Beberapa hal penting lainnya yang disampaikan Ibu Dewi dalam OPS kali ini berkaitan erat dengan hal terpenting yang perlu disampaikan kepada anak-anak kita adalah penting pemahaman mengenai rasa malu berbuat jahat (Hiri) dan rasa takut akan akibat dari perbuatan jahat (Ottapa) atau dengan kata lain anak-anak kita perlu kita ajarkan tentang 2R yaitu respect dan responsible yaitu belajar menghargai, menghormati, menjunjung diri sendiri dan orang lain serta bertanggung jawab atas segala perbuatan yang dilakukan.

Pembentukan karakter dapat dilakukan dengan sederhana yaitu dengan istilah walk the talk atau lakukanlah yang dikatakan, artinya karakter yang kita ajarakan kepada anak kita seharusnya pun kita lakukan bukan hanya disampaikan dan tidak kita lakukan. Anak-anak lebih cepat belajar dalam melakukan imitasi atau menduplikasi hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang yang mereka cintai seperti orangtua atau guru mereka. Untuk itu berilah teladan sebagai bagian yang penting untuk membentuk karakter anak sepanjang masa.

Perjalanan dalam membentuk karakter anak yang kita lakukan terkadang mengalami kesalahan baik dalam sikap atau cara yang dilakukan kepada anak kita, hal ini tidak menjadi masalah besar yang menghentikan proses pembentukan karakter anak kita. Kita dapat memperbaikinya dengan melakukan permintaan maaf kepada anak kita terlebih dahulu jika kita pernah melakukan kesalahan tersebut dan memulai lagi untuk memperbaiki cara-cara kita dalam membentuk karakter anak kita.
Di penghujung acara setelah Ibu Dewi menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta seminar, beliau menyampaikan kalimat penutup kurang lebih disampaikan sebagai berikut,” Kita telah berjodoh bertemu dengan anak kita untuk jodoh ini perlu kita rawat dengan baik dengan menanamkan karakter baik kepada anak kita agar kita dan anak kita dapat berbahagia.”

Untuk mendengarkan penjelasan lebih lengkap mengenai OPS ini, para pembaca dapat mengunjungi youtube channel Metta School atau ketik link berikut ini https://youtu.be/HrQlctWL9Vs. Terus belajar, terus berupaya menjadi orangtua, pendidik yang mampu membentuk karakter diri dan anak kita lebih baik untuk menuju generasi emas Indonesia.

Facebook Comments