Student Profile

Visi, misi, nilai-nilai dasar serta tujuan sekolah Metta yang telah disebutkan di atas memberikan landasan untuk menyusun dan mengarahkan pendidikan Metta agar dapat mengkaryakan siswa Metta dengan profil sebagai berikut:

Metta School vision and missions guide the way to manage and direct education at Metta School. Student profile below is made up of a series of attributes link to the vision and missions. The profile is below:

  1. Peduli untuk hidup sehat
    Kesehatan selalu menjadi awal untuk semua pengembangan diri dan kegiatan baik agar dapat dilakukan dengan optimal. Pembelajaran mengenai cara-cara hidup sehat telah diterapkan di sekolah Metta dan menjadi bagian dari pembelajaran di sekolah. Para siswa sekolah Metta diharapkan dapat terus menjaga, merawat dan mempromosikan hidup sehat untuk dirinya, keluarganya dan masyarakat sekitarnya. Hidup sehat dapat dimulai dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, pertemanan yang mendukung baik, asupan informasi yang tepat serta penggunaan alat-alat bantu belajar yang sesuai dengan usia dan kebutuhan.

    Healthy lifestyle
    Health is the initial step of any personal development. Healthy lifestyle is emphasized, promoted and has become a part of school lessons. Metta School students continuously promote and improve the practice of healthy lifestyle and wellness in them, their family and society. The lifestyle starts with good nutrition intake; eating and drinking right. It is then supported by good, empowering environment for mental health, the development of social skills and interpersonal relationships.

  2. Memiliki moral yang universal seperti etika, toleransi, empati dan kasih sayang
    Siswa khusunya terus berlatih dan mengembangkan praktek perilaku moral yang universal. Siswa di sekolah Metta mendapatkan pelatihan moral melalui mata pelajar budi pekerti dan juga mempraktekannya dalam setiap mata pelajaran serta mendapat asesmen terkait hal ini guna mendukung terbentuknya moral yang universal. Selain itu warga sekolah lainnya pun diwajibkan untuk memberi teladan atas moral universal yang dikembangkan di sekolah agar membantu para siswa untuk belajar tidak hanya melalui apa yang diingat, namun juga apa yang dilihat.

    Equipped with universal morals, such as tolerance, empathy and compassion
    Students practice universal morals. Courses are designed in such a way to always address the development in this area; giving them opportunity to put them into practice. Metta School community is also encouraged to act as a role model for the upheld values for actions speaks louder than words.

  3. Memiliki mentalitas yang kuat dalam konsep dan efikasi diri – penguatan kecerdasan emosi
    Siswa Metta mendapat penempaan mental agar memiliki pandangan yang benar atas konsep diri hingga menumbuhkan efikasi diri yang sehat. Memahami diri sebagai bagian dari masyarakat dan dunia memberikan pemahaman yang baik kepada siswa agar mereka dapat berkiprah dalam hal yang positif guna membantu dan mengembangkan kehidupan masyarakat menjadi lebih damai dan sejahtera. Mentalitas dengan penguatan konsep diri dan efikasi diri ini pun dapat memberikan kekuatan kepada para siswa Metta untuk menumbuhkan mental para pemimpin di masa depan.

    Equipped with strong character and positive self-efficacy
    Students develop positive self-efficacy and accept the concept that they are a part of the society. As members of society, they all have a responsibility to help others and improve the state of the community and the world they live in. They are prepared to be the future leaders and the agents of change.

  4. Memiliki kecerdasan dan kreativitas unggul – penguatan Kognitif
    Sekolah Metta memiliki visi sebagai sekolah yang memiliki kualitas unggul dalam sisi pembentukan kecerdasan dan kreatif. Siswa sekolah Metta mendapatkan ketuntasan belajar dari kurikulum nasional yang diberikan pemerintah juga ditambahkan pembelajaran-pembelajaran pengayaan lainnya guna memicu siswa agar dapat mengimbangi kualitas pendidikan tidak hanya nasional namun juga internasional. Pengembangan kecerdasan dan kreativitas yang unggul ini dapat dicapai dengan selalu melatih para pendidik dan staf sekolah ke arah standar-standar yang unggul. Keikutsertaan siswa dalam ajang-ajang nasional dan internasional baik dalam bentuk kompetisi atau pertukaran pelajar menjadi bagian penting dalam penguatan keunggulan kecerdasan dan ketrampilan siswa.

    Highly creative with advanced intellectual skills
    Metta School develops and uses conceptual understanding, exploring knowledge across a range of disciplines. Students receive holistic education where national curriculum of the MOE is completely delivered and supported with Cambridge curriculum. We engage with issues and ideas that have local, national and global significance. High creativity and intellectual skills are further developed by facilitating teachers and staff to professional development.  Encouraging students to take parts in competition and student exchange both national and international scale is an important part in reinforcing students’ intellectuality and skills.

  5. Memiliki kemampuan berkolaborasi dan bekerjasama secara harmoni – penguatan kecerdasan sosial
    Siswa Metta diberi kesempatan untuk dapat berkolaborasi dalam melakukan pembelajaran sehingga mereka dapat mengembangkan kecerdasan sosial juga people smart atau kecerdasan memahami orang lain. Kolabarasi yang dikuatkan di sekolah Metta adalah kolaborasi yang mengedepankan harmonisasi atau kolaborasi yang saling menguatkan untuk satu visi. Siswa Metta dapat memulai kolaborasi bersama teman sejawat mereka baik di dalam 1 kelas atau 1 sekolah, para siswa Metta pun dapat berlatih berkolaborasi dengan para guru, orangtua/wali atau dengan masyarakat langsung. Adanya pembiasaan berkolaborasi ini diharapkan dapat menstimulus siswa Metta menjadi individu yang komunikatif, terbuka, cerdas sosial dan cerdas spiritual.

    Collaborating and cooperating in harmony.
    Metta School students are given the opportunity to collaborate in the lessons so that they can develop social skills and be ‘people smart’. Collaborations at Metta School are those emphasizing harmony to achieve mutual goals. Students collaborate with their classmates or broader, with their fellow Metta School students, with the teachers, parents, the community and society. Activities involving collaborations stimulate students to be communicative, open-minded and spiritually mature.

  6. Memiliki ketrampilan berkomunikasi yang unggul
    Siswa di sekolah Metta mendapat kesempatan untuk mengembangkan ketrampilan berkomunikasi dengan bahasa nasional dan juga bahasa Internasional sehingga para siswa dapat mengembangkan diri secara nasional dan multinasional. Ketrampilan berkomunikasi ini menjadi bagian penting saat ini ketika kolaborasi menjadi penguatan kehidupan bermasyarakat. Ketrampilan berkomunikasi tidak hanya meliputi kemampuan berbahasa namun juga kemampuan membawa diri yang baik dalam sikap dan ucapan agar komunikasi non verbal para siswa dapat dipahami sebagai hal yang baik bagi masyarakat.

    Advanced communication skills
    Students at Metta School are given the opportunity to further develop their communication skills in both their mother tongue and other languages to later contribute nationally and globally. Nowadays, when collaborations are among main ingredients for living in harmony, communication skills have become essential. Communication skills here do not only mean to communicate verbally, but also paralinguistics, cultural awareness and the ability to act properly in society.

  7. Peduli masyarakat sekitar hingga dunia
    Sekolah Metta terus berupaya untuk memberikan asupan pembelajaran yang tidak hanya dapat digunakan oleh siswa untuk diri sendiri, namun juga pembelajaran agar siswa Metta dapat berdaya guna untuk kehidupan orang lain khususnya masyarakat sekitar hingga masyarakat dunia. Kepedulian dengan masyarakat ini dikembangkan melalui praktek-praktek kegiatan sosial yang dapat dilakukan para siswa baik dengan pikiran, ucapan maupun tindakan langsung. Siswa dapat merelakan waktunya, tenaganya, pikirannya, materinya bahkan kepentingan pribadinya untuk peduli masyarakat

    Care for local and global community
    Study materials given to Metta School students are designed in such a way so that they can be used to enhance their quality of life, but also to contribute locally and globally. Care for community here are manifested through social events, offering ideas and field work. Students devote their time, energy, mind, materials to caring for society above their personal interests.