Tanya Jawab Tentang Metta School

  1. Apakah sekolah Metta itu sekolah Internasional?
    Bukan, Metta School adalah sekolah nasional yang menggunakan kurikulum nasional, Namun Metta School juga mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dengan memberikan beberapa pengayaan terkait pengembangan kemampuan siswa untuk berbahasa Indonesia, Inggris dan Mandarin.
  1. Apakah Metta School itu sekolah Buddha/Buddhis?
    Metta School adalah sekolah umum yang didirakan oleh Yayasan berwawasan Buddhis, sehingga Metta School menerima siswa/i dari berbagai agama. Siswa/i Metta school ada yang beragama Islam, Kristen, Katolik, Buddha dan Konghucu.
  1. Apakah di Metta siswa beragama lain ikut kegiatan agama Buddha?
    Tidak, kegiatan agama sesuai dengan agama masing-masing. Metta School tidak mewajibkan siswa/i beragama lain untuk kegiatan agama Buddha.
  1. Bagaimana kurikulum yang ada di Metta School?
    Kurikulum di Metta School menggunakan kurikulum nasional sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah pusat. Namun demikian Metta School juga mengenalkan pembelajaran berbasis Cambridge, juga pembelajaran bahasa Mandarin serta di Metta School juga ada pembelajaran moral.
  1. Apa yang menjadi keunikan Metta School dibandingkan dengan sekolah lain?
    Metta School memiliki ciri khas sebagai sekolah kelas kecil dengan penguatan pada sisi moralitas universal dengan mengangkat sebuah motto yaitu ‘educating young hearts and minds’ arti secara sederhananya adalah mendidik hati dan mental generasi penerus. Motto ini tercermin dalam visi Metta School yaitu sebagai lembaga pendidikan yang mengedepankan keunggulan dengan penguatan moralitas universal sehingga dapat mengabdi kepada nusa dan bangsa.
  1. Siapakah yang mendirikan Metta School?
    Pengurus Yayasan Pendidikan Metta yang ikut mendirikan Metta School.
  1. Apakah sekolah Metta termasuk sekolah yang mahal?
    Biaya atau investasi pendidikan di Metta School relatif, namun jika dibandingkan dengan beberapa sekolah dengan pelayanan pendidikan serupa maka Metta School termasuk lebih murah karena prinsip Yayasan membangun Metta School lebih kepada pembentukan generasi bangsa yang lebih berkualitas dan bukan mencari keuntungan besar saja.
  1. Bagaimana cara mendaftar sebagai siswa di Metta School?
    Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengunjungi website Metta School di www.metta.sch.id kemudian carilah menu enrollment.
  1. Apa betul tes masuk di Metta School itu sulit?
    Tidak betul, dan di Metta School tidak menggunakan istilah tes, namun lebih ke asesmen atau observasi. Hasil asesmen atau observasi ini digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan serta kesiapan siswa dalam belajar. Jika ada temuan yang kurang pas dengan kemampuan Metta School maka kami menyampaikan langsung kepada orangtua/wali agar dapat memberikan pelayanan optimal kepada siswa/i.
  1. Apakah Metta School sudah mengantongi ijin pendirian sekolah dan diakui oleh dinas pendidikan?
    Iya Metta School sudah mendapat ijin pendirian sekolah mulai dari kelompok bermain (KB), taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Sedangkan untuk SMA dalam proses perijinan dari dinas provinsi.
  1. Benarkah Metta School akan pindah ke kampus barunya?
    Iya benar sekali. Bagi jenjang SD, SMP dan SMA menempati kampus 2 (baru). Bagi KB dan TK menempati kampus 1.
  1. Apakah di kampus baru nanti aksesnya mudah?
    Akses kampur baru dapat menggunakan google map dengan memilih Metta School yang beralamat di jalan puncak Sambisari I no.35 Kelurahan Lontar, Kecamatan Sambikerep.
  1. Bagaimana kegiatan di sekolah Metta, apakah hanya menyelesaikan kurikulum dinas saja atau ada hal lain?
    Metta School tidak hanya fokus kepada kurikulum nasional saja, namun juga mengembangkan program-program penguatan lainnya agar para siswa/i mendapat pembelajaran lebih seperti kegiatan kunjungan belajar, kegiatan pengembangan moral, kegiatan pengembangan seni dan musik, kegiatan belajar bersama orangtua atau ahli dan lainnya.
  1. Program penguatan apa saja yang dilakukan Metta School selama masa pandemi?
    Metta School memberikan pembelajaran penuntasan kurikulum dengan memperhatikan keterbatasan selama pandemi, selain itu Metta School juga memberi ruang kepada siswa/i untuk melakukan pengembangan diri mereka melalui kegiatan non akademis dalam kegiatan ekstrakurikuler, kompetisi internal dan eksternal juga program-program yang melibatkan orangtua/wali siswa/i.
  1. Apakah siswa Metta School sudah memiliki alumni yang melanjutkan ke universitas?
    Sudah, mereka sebagian sudah berkuliah di Universitas di Taiwan.
  1. Bagaimana sistem keamanan siswa di Metta School khususnya terkait penjemputan siswa?
    Metta School menerapkan sistem satu pintu masuk dan keluar sehingga memudahkan dalam pengawasan, pintu hanya dapat dibuka melalui dalam gedung dan untuk dari luar dapat dibuka dengan menggunakan sidik jari yang terdaftar. Setiap siswa sebelum dijemput oleh orangtua/wali siswa mendapat pengawasan dari sekolah, dan ketika dijemput sekolah wajib memastikan penjemputnya yang terdaftar dalam form di awal penerimaan siswa.
  1. Apa saja fasilitas yang diperoleh selama menjadi siswa/i Metta School?
    Siswa/i mendapat fasilitas pembelajaran dan sarana prasarana dengan standar baik. Siswa/i mendapatkan asuransi kecelakaan baik di sekolah atau di rumah, makan siang dengan masakan yang halal serta penuh gizi dan sehat, guru-guru yang profesional, bangunan sekolah yang kokoh bebas banjir dan kebakaran, buku-buku bacaan yang berkualitas, jaringan internet yang memadai, kurikulum pembelajaran yang berkualitas, pembiasaan berbahasa Indonesia, Inggris dan Mandarin dan lainnya.
  1. Biaya apa saja yang perlu dibayarkan untuk menjadi siswa/i Metta School?
    Biaya atau investasi yang diberikan ke Metta School meliputi: biaya per sekali masuk sesuai jenjang atau disebut enrolment fee yang digunakan untuk pengembangan sarana dan prasarana sekolah, biaya per bulan atau tuition fee yang digunakan untuk biaya operasional bulanan sekolah seperti membayar gaji guru dan tenaga kependidikan, membayar listrik, air, internet dan membayar lainnya berkaitan dengan pembelajaran. Selanjutnya biaya semesteran yaitu material fee, biaya ini digunakan untuk membayar premi asuransi siswa, makan siang siswa, kegiatan di luar sekolah, buku kerja siswa, alat tulis dan buku tulis siswa dan bahan-bahan praktikum serta kerajinan tangan siswa.
  1. Bagaimana Metta School menjalankan pembelajaran selama Pandemi ini?
    Metta School telah menggunakan sarana web based dalam pembelajaran sebelum pademi atau yang dikenal dengan e-learning yang dapat diakses melalui web Metta School. Selama pandemi, Metta School menerapkan pembelajaran tatap muka online secara intensif menggunakan ZOOM Cloud Meeting, setiap hari siswa mendapat 2 hingga 6 kali tatap muka online di sesuaikan dengan jenjang siswa/i, kemudian siswa mendapat tugas atau kuis atau ujian melalui e-learning sekolah. Sistem penilaian siswa terekam dalam e-learning sekolah sehingga memudahkan siswa dan orangtua/wali untuk dapat mengetahui perkembangan belajar siswa/i.
  1. Bagaimana kegiatan yang terkait dengan penguatan para mitra sekolah seperti orangtua siswa dan lainnya?
    Metta School tidak hanya fokus dalam pengembangan pembelajaran siswa/i saja, namun juga untuk penguatan guru, tenaga kependidikan dan juga yang tidak kalah penting adalah penguatan terhadap para orangtua/wali siswa/i. kegiatan penguatan ini dilakukan secara periodik dalam bentuk workshop atau seminar.